A. Pendahuluan

Dalam kehidupan sehari-hari, sebuah karet gelang ditarik, kemudian jika tarikannya dilepas, maka akan kembali kebentuk semula, mengapa demikian? Jika karet gelang tersebut ditarik lagi dengan tarikan yang lebih besar dari sebelumnya, apa yang terjadi dengan karet ? Mengapa demikian? Permasalahan terkait dengan perubahan bentuk atau elastisitas akan dikaji pada modul ini. Selain itu, pada modul ini lebih lanjut akan dikaji permasalahan sehari-hari terkait dengan pegas. Jika ujung pegas digantungi beban (klik untuk melihat video), maka panjang pegas akan berubah, mengapa demikian? Jelaskan hukum yang berkaitan dengan peristiwa tersebut! Bagaimana hubungan antara massa beban dengan pertambahan panjang pegas? Bagaimana kalau pegas disusun seri atau paralel? Bagaimana konstanta gabungannya bila pegas disusun seri atau paralel?

Beberapa permasalahan lainnya, mengapa pemain olah raga yudo membanting lawannya keras-keras di matras? Mengapa dalam permaina judo ada matrasnya, dan membanting lawannya pada matras? (klik untuk melihat video) Mengapa kendaraan mobil atau motor dilengkapi dengan shock breaker? (klik untuk melihat video)  Pernahkah Anda meloncat di atas spring bed? Apa yang terjadi? Bila kalian akan menekan spring bed ke bawah, kalian akan mendapat gaya yang membuat kalian terpental ke atas. Ada gaya yang seolah menolak kalian. Gejala-gejala tadi menunjukan elastisitas.

Peristiwa lainnya, misalnya pada penerapan getaran harmonis dalam jam mekanik. Pada jam tangan mekanik, pernahkah Anda merenungkan tentang roda gigi pada jam mekanik? Susunan roda-roda gigi yang ukurannya kecil dan disusun sedemikian rupa sehingga bisa beroperasi menghitung detik demi detik dengan akurat. Cobalah Anda analisis mengapa roda-roda gigi yang ukurannya kecil disusun sedemikian rupa sehingga bisa beroperasi menghitung detik demi detik dengan akurat?  Kajian tentang gerak harmonis sederhana dapat ditinjau dari besaran-besaran fisis gerak harmonis sederhana. Beberapa permasalahan yang terjadi sehari-hari tersebut kita akan kaji pada modul 3 ini. Kajian dalam modul yang beroientasi pada permasalahan real sehari-hari ini, memberi peluang untuk mengembangkan kemampuan beripikir kritis siswa yang dirujuk dari Ennis (2015) yang meliputi keterampilan, yaitu: (1) merumuskan masalah, (2) memberikan argumen, (3)  melakukan analisis deduksi, (4) melakukan analisis induksi, dan (5) membuat keputusan.