Di titik pantul yang tetap gelombang datang dan gelombang pantul berselisih fase 1/2 atau gelombang pantul berlawanan dengan phase gelombang datang Δφ = 1/2. Perhatikan gambar 1.12.

Gelombang stasioner pada ujung tetap

Gambar 1.13 Gelombang stasioner ujung terikat

Ketika Anda mengirim pulsa transversal dari O ke ujung tetap B, maka setibanya pulsa di ujung tetap B, pulsa akan dipantulkan dan dibalik (Gambar 1.13). Hal yang sama terjadi jika Anda mengirim gelombang harmonik dari O ke ujung tetap B. Anda telah mengetahui bahwa gelombang datang yang merambat ke kanan dapat dinyatakan oleh y1= A sin (kx -ωt). Sedangkan gelombang pantul yang merambat ke kiri dan dibalik (berlawanan fase) dapat dinyatakan dengan:

­

Y2 = -A sin( -kx - ωt) ↔ y2 = A sin (kx +ωt)

Berlawanan fase

Berlawanan terhadap x = 0

Hasil superposisi antara gelombang datang, y1, dan gelombang datang y2 menghasilkan gelombang stasioner. Pola gelombang stasioner addalah adanya simpul-simpul dan perut – perut pada titik-titik tertentu.

Bagaimanakah persamaan simpangan pada titik sembarang P yang terletak sejauh x dari titik tetap B (lihat gambar 1.13a)? Pada titik P, gelombang datang y, bertindihan dengan gelombang pantul y2.. Sesuai dengan prinsip superposisi, simpangan titik sembarang P, diberi notasi y, adalah resultan dari y1 dan yx.

y = y1 + y2 = A sin  (kx - ωt) + A sin (kx  + ωt)

y = A[ sin  (kx - ωt) + A sin (kx  +ωt)]

Mengingat

sin A + sin B = 2 sin (A + B) cos ( A – B),   maka
y = A x 2 sin (kx - ωt) + kx + ωt ) cos [ (kx - ωt) –( kx + ωt )]

y = 2 A sin kx cos ωt                                                                               (1.12)

Atau y = As cos ωt                                                                                       (1.13)

Dengan As = 2 A sin kx                                                                                  (1.14)

 

Keterangan:

y = simpangan partikel pada gelombang stasioner oleh ujung tetap; A = amplitudo gelombang berjalan; As= amplitude gelombang stasioner; x = jarak partikel dari ujung tetap.