Kehidupan kita hampir tidak dapat dipisahkan dengan listrik. Sehari-hari, kita menggunakan  peralatan yang dijalankan dengan listrik, seperti lampu listrik, setrika dan sebagainya. Ada juga listrik yang tidak disadari oleh kita, misalnya bulu tangan kita yang berdiri ketika kita memakai kemeja lengan panjang yang baru disetrika, dan terjadinya petir.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pernah menyaksikan seseorang yang memegang suatu alat yang bermuatan. Mengapa rambut orang tersebut bisa berdiri? Hal lainnya, mengapa sisir plastik yang telah digosokkan pada rambut kering ternyata dapat menarik sobekan-sobekan kertas? Fenomena lain yang sering Anda amati seperti petir. Mengapa petir lebih banyak kita jumpai pada saat musim hujan?

Terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut, orang sering menanggapi bahwa rambut seseorang berdiri bila memegang alat bermuatan karena rambutnya alergi dengan muatan listrik. Pertanyaan terhadap sisir plastik dapat ditanggapi yaitu sisir bersifat magnet sehingga dapat menarik sobekan kertas kecil. Demikian pula terhadap pertanyaan petir, energi dari petir diperoleh hanya pada waktu musim hujan. Semua tanggapan tadi adalah saha atau miskonsepsi. Berikut ini akan disajikan konsep ilmiah, konsep esensial dan  strategis berkaitan dengan listrik, hukum-hukum yang mendasari, serta aplikasinya.