Materi Semester I

Materi fisika semester I Kelas XII

Untuk membahas tentang relativitas, misalkan Anda berada di atas truk yang sedang bergerak dengan kelajuan 50 km/jam terhadap orang yang diam di pinggir jalan. Seseorang tersebut kemudian berjalan di truk dengan 5 km/jam searah dengan gerak kereta. Orang yang diam dalam truk mengatakan bahwa kelajuan Anda adalah 5 km/jam, tetapi orang yang diam di pinggir jalan mengatakan bahwa kelajuan Anda adalah 55 km/jam.

Read more...

Dalam sehari-hari kita sering mendengar suatu benda bergerak dengan kecepatan yang jauh lebih kecil dari pada kecepatan cahaya. Mengapa cahaya memiliki kecepatan yang lebih besar dari gerak benda sehari-hari? Apakah hukum-hukum Newton dapat menjelaskan kecepatan-kecepatan benda yang berhubungan dengan kecepatan-kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya?

Read more...

Pada pelajaran listrik telah dikaji bahwa jika sebuah muatan diletakkan dalam medan listrik, ia mengalami gaya listrik dan energi listriknya dapat dipakai sebagai tenaga gerak untuk berpindah tempat. Hal yang sama terjadi pada magnet. Jika sebatang magnet diletakkan dalam suatu ruang, maka terjadi perubahan dalam ruang ini, yaitu pada setiap titik dalam ruang akan terdapat medan magnetik.

Read more...

Kompetensi Dasar

Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.

Indikator hasil belajar

1)             Menjelaskan pengertian relativitas

Read more...

Fenomena kemagnetan telah dikenal sejak jaman Yunani kuno. Magnet merupakan suatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Kita ini dikelilingi oleh magnet-magnet. Bumi yang kita diami adalah suatu magnet yang sangat besar. Bintang-bintang, seperti matahari memberi kehidupan pada mahluk di bumi juga merupakan suatu magnet yang besar. 

Read more...