Gelombang Bunyi

Tentukan empat harmonik pertama dari seutas senar yang panjangnya 2,0 m, jika massa senar persatuan panjang adalah 2,5 10-3 kg/m, dan senar ditegangkan oleh gaya 100 N.

Penyelesaian:

Panjang tali L = 2,0 m; massa per panjang m = 2,5 10-3 kg/m; tegangan F = 100 N. Mari kita hitung dahulu harmonik ke satu, f1, dengan persamaan (3-19),

Frekuensi dari ketiga harmonik berikutnya adalah:

f2 = 2f1 = 2 50 = 100 Hz (nada atas pertama)

f3 = 3f1 = 3 50 = 150 Hz (nada atas kedua)

f4 = 4f1 = 4 50 = 200 Hz (nada atas ketiga)

Dawai sepanjang 60 cm memiliki massa 20 gr. Jika ujung-ujung dawai diikat sehingga memiliki tegangan 30 N. Tentukan :

a. panjang gelombang pada nada atas keduanya

b. frekuensi nada atas keduanya?

Read more...

Setiap bunyi yang didengar manusia selalu memiliki frekuensi tertentu. Untuk memenuhi frekuensi yang diharapkan, maka munculnya berbagai alat musik, misalnya seruling dan gitar. Saat bermain gitar, maka dawainya akan dipetik untuk mendapatkan frekuensi yang rendah atau tinggi. Tinggi rendahnya frekuensi bunyi yang teratur inilah yang dinamakan tinggi nada.

Read more...

Contoh pemanfaatan dawai ini adalah gitar. Pernahkah kalian bermain gitar? Apa yang terjadi saat dawai itu dipetik? Jika ada dawai yang terikat kedua ujungnya, maka saat terpetik dapat terjadi pola-pola gelombang seperti pada Gambar 3.10.

Read more...

Pada suatu jalan bebas hambatan, kecepatan maksimum kendaraan yang diperkenanlan 100 km/jam. Polisi mencurigai sebuah kendaraan yang memiliki kecepatan melampui batas kecepatan maksimum yang diperkenankan pada jalan bebas hambatan tersebut. Diketahui mobil polisi dalam keadaan diam vp = 0, kecepatan bunyi di udara v=340 m/s, frekuensi sumber bunyi fs = 2,2 kHz, dan frekuensi pantulan bunyi yang terdeteksi oleh polisi fp = 2,4 kHz. Apakah polisi tersebut berhak memberikan peringatan kepada sopir kendaraan tersebut?

Read more...