Pendahuluan

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pernah mendengar inti atom? Mengapa inti atom meluruh? Di samping itu, sering muncul bahwa dalam zat radioaktif akan muncul sinar alfa, sinar beta, dan gamma. Bagaimanakah daya tembus sinar tersebut?

Read more...

Berdasarkan teori atom modern, atom terdiri dari partikel-partikel sub atom, yaitu elektron, proton, dan neutron. Proton dan neutron merupakan partikel-partikel penyusun inti atom, sedangkan elektron-elektron mengelilingi inti pada orbit tertentu. Karena proton merupakan partikel bermuatan positif, sedangkan netron tak bermuatan positif. Atom suatu unsur biasanya dinyatakan dengan lambang sebagai berikut.

Read more...

Dalam sehari-hari kita sering mendengar suatu benda bergerak dengan kecepatan yang jauh lebih kecil dari pada kecepatan cahaya. Mengapa cahaya memiliki kecepatan yang lebih besar dari gerak benda sehari-hari? Apakah hukum-hukum Newton dapat menjelaskan kecepatan-kecepatan benda yang berhubungan dengan kecepatan-kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya?

Read more...

Kompetensi Dasar

Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.

Indikator hasil belajar

1)             Menjelaskan pengertian relativitas

Read more...

Untuk membahas tentang relativitas, misalkan Anda berada di atas truk yang sedang bergerak dengan kelajuan 50 km/jam terhadap orang yang diam di pinggir jalan. Seseorang tersebut kemudian berjalan di truk dengan 5 km/jam searah dengan gerak kereta. Orang yang diam dalam truk mengatakan bahwa kelajuan Anda adalah 5 km/jam, tetapi orang yang diam di pinggir jalan mengatakan bahwa kelajuan Anda adalah 55 km/jam.

Read more...